Yuk Siapkan Buku Catatan Atur Pengeluaran

Mahalnya harga minyak dunia dan besarnya subsidi negara mengharuskan pemerintah kita merumuskan kebijakan yang paling tepat agar anggaran negara tidak jebol. Salah satu yang akan terkait dengan mobil dan pengendara adalah rencana penggunaan smart card

Usulan tersebut belum tentu terlaksana berhubung masih dalam proses penjajakan. Tapi yang jelas, konsumsi bahan bakar minyak (bbm) di Indonesia memang luar biasa besar. Sebagai pengendara, kita pun harus peduli terhadap konsumsi bbm mobil kita. Kita harus tahu apakah mobil kita tergolong irit atau tidak.

Paling tidak, kepedulian terhadap konsumsi bbm membantu kita mengontrol kondisi mobil. Jika terlalu boros, bukan mustahil setelan bahan bakar belum pas sehingga perbandingan campuran antara udara dan bahan bakar tidak tepat. Bisa juga karena kondisi ban yang kurang angin, atau mungkin karena cara mengemudi yang belum benar.

Selain untuk memantau performa mesin dan gaya berkendara, kontrol atas konsumsi bbm juga berguna bagi managemen keuangan kita. Karena itu, akan sangat baik jika kita memiliki semacam buku logbook yang selalu ada di dalam mobil. Pada buku ini kita catat kapan mengisi bensin, berapa liter, dan di mana. Dari poin-poin sederhana ini kita tidak hanya dapat menghitung berapa kilometer yang berhasil Anda tempuh untuk tiap satu liter bbm.

Data-data itu juga dapat kita gunakan untuk mengetahui sebesar apa pengeluaran kita untuk membeli bahan bakar, dan pengeluaran yang terkait dengan kendaraan kita. Agar lebih lengkap, poin-poin lain yang minimal juga harus kita perhatikan adalah berapa biaya yang kita keluarkan untuk bayar asuransi, ongkos parkir, bayar tol, tambah angin, bahkan pengeluaran untuk urusan salon mobil. Catatlah seluruhnya dan hitung tiap akhir bulan.

Biaya yang tidak boleh lupa untuk kita catat dan hitung adalah biaya-biaya yang kita keluarkan untuk merawat mobil. Nah, untuk masalah catatan perawatan kendaraan, AstraWorld memberi kemudahan melalui layanan Dari Ujung ke Ujung. Salah satu layanan itu adalah Service History on WebDengan SHOW, seluruh anggota AstraWorld yang telah melakukan registrasi di CLICK AstraWorld www.astraworld.com dapat mengakses dokumentasi lengkap perawatan mobil yang dilakukan di bengkel-bengkel jaringan Astra International. Kapan perbaikan dilakukan, apa saja jenis perbaikan, bengkel tempat melakukan perbaikan, bahkan nama advisor bengkel pun dapat diketahui.

Saat hendak menjual kembali mobil Anda melalui Used Car Corner, SHOW akan sangat berguna dalam meyakinkan calon pembeli. Anda dapat menunjukkan riwayat perawatan kendaraan Anda kepada calon pembeli jika Anda menghendaki. Seperti kita ketahui, salah satu poin penting bagi para pembeli mobil bekas adalah riwayat perawatan. Mobil yang memiliki catatan perawatan tentu lebih dipercaya calon pembeli.(Source : AstraWorld)