Sepuluh Hal dalam Merawat si Kulit Bundar

Berdasarkan data yang dipublikasi harian ternama “The New York Times”, Departemen Keselamatan Lalu Lintas Jalan Raya AS, mencatat terdapat 660 kasus kecelakaan lalu lintas karena ban kurang tekanan angin. Hal serupa juga ditemukan dalam penelitian yang disponsori Rubber Manufacturers Association (RMA) terhadap 1000 orang pengemudi di seluruh negara bagian AS. Dari penelitian ini ditemukan fakta:

* 63% pengendara mobil menyebutkan bahwa tekanan ban sangat mempengaruhi jarak tempuh kendaraan.
* Hanya 19% dari para pengemudi yang memeriksa kondisi tekanan ban mobil mereka.
* Tiap bulan, tiga dari empat pengendara mobil mencuci kendaraan mereka, sementara hanya satu dari lima pengendara yang memeriksa tekanan ban mobil mereka.

Wajar jika kecelakaan akibat ban yang kurang tekanan angin mendominasi kasus kecelakaan lalulintas. Berikut ada 10 tips bagaimana melakukan perawatan ban mobil;

1.Jangan menunggu hingga ban rusak. Biasakan untuk selalu memeriksa tekanan ban mobil anda, paling sedikit sekali sebulan dan terutama sebelum melakukan perjalanan jarak jauh. Ban dengan tekanan yang kurang memadai akan menyebabkan mudah panas karena gesekan yang tinggi dengan aspal, sehingga ban cepat aus dan bisa membahayakan keselamatan mengemudi.
2.Anda harus hapal dengan tekanan yang proporsional dari ban mobil Anda. Ukuran tekanan ban yang pas bisa dilihat pada stiker yang menempel di bagian dalam dari pintu kendaraan Anda, atau pada buku petunjuk pemilik kendaraan.
3.Untuk pengukuran yang valid terhadap tekanan ban mobil Anda, periksalah ban saat suhu mereka dingin. Jika mobil Anda habis menempuh perjalanan jauh, tunggulah kurang lebih tiga jam.
4.Lakukan pemeriksaan berkala, paling tidak sebulan sekali dan jagalah agar ukuran tekanan ban mobil Anda selalu pada batasan yang proporsional. Sehingga mobil Anda siap untuk digunakan, jika sewaktu-waktu Anda butuhkan.
5.Uang koin bisa digunakan sebagai alat penunjuk bahwa ban mobil Anda telah gundul.
Letakkan uang koin di tapak ban mobil Anda. Jika Anda bisa melihat seluruh gambar uang koin tersebut, maka saatnya untuk ganti ban.
6.Buat jadwal, kapan Anda harus melakukan rotasi ban antara yang di depan dengan yang di belakang tiap 6000 mil, agar menyeragamkan kondisi seluruh ban dan mempertahankan masa pakai ban lebih lama.
7.Usahakan menghindari lubang di jalan. Sebab lubang yang terlalu besar tak hanya bisa merusak ban mobil Anda, melainkan juga akan mengganggu keseimbangan atau balance ban mobil.
8.Jangan anggap remeh tutup pentil. Ban tanpa penutup pentil bisa jadi menyebabkan kebocoran udara dari dalam ban dan bisa mengakibatkan ban kekurangan tekanan.
9.Periksalah keseimbangan atau balance ban mobil Anda secara periodik, untuk menghindari putaran ban yang tak stabil.
10.Perhitungkan bobot yang harus dimuat oleh mobil Anda. Jika muatan melebihi kapasitas maksimal dapat menimbulkan tekanan yang berlebih pada ban mobil Anda dan itu bisa sangat membahayakan. (Source : AstraWorld)