Lampu Rem Nyala Terus, Periksa Switch Rem

Para pengguna jalan tentu akan terganggu jika lampu rem kendaraan bermasalah. Lampu rem yang tidak normal bahkan bisa memicu kecelakaan lalulintas. Selain bola lampu yang putus, masalah yang biasa terjadi pada lampu rem adalah tidak berfungsinya switch yang mengakibatkan lampu rem menyala terus.

Mengatasi kasus lampu rem yang tidak mau mati, sangatlah sederhana. Jika Anda mengalaminya, segera arahkan perhatian ke switch (saklar) rem pada ke rangkaian sistem lampu rem. Letaknya di atas tuas pedal rem. Switch rem inilah yang berfungsi memutus dan menyambungkan arus listrik dari baterai / aki ke lampu rem. Switch rem akan menyambungkan arus listrik ketika pedal rem diinjak, dan kembali memutus arus listrik ketika pedal rem dilepas.

Pada umumnya, ada dua kemungkinan yang dapat memicu ketidakberfungsian switch rem dalam memutus arus listrik ke lampu rem. Pertama, terjadi short circuit di dalam switch rem. Kedua, ada kabel-kabel atau rangkaian pada sistem rem yang terkelupas dan menempel/menyentuh massa.

Penyebab pertama biasanya dipicu oleh masalah usia switch rem. Short circuit terjadi karena komponen ini sudah aus sehingga spring (per) di dalamnya tidak fleksibel lagi. Dalam kasus rem yang menyala terus, spring selalu menghubungkan arus listrik positif dan negatif. Satu-satunya cara mengatasi masalah yang dipicu oleh penyebab seperti ini adalah mengganti switch rem dengan yang baru.

Sebelum melakukan penggantian, tidak ada salahnya Anda memeriksa kemungkinan penyebab kedua. Untuk mengatasi kemungkinan penyebab kedua, cukup dengan menyetel ulang kedudukan switch rem. Caranya:

1. Kendorkan baut switch rem
2. Putar switch rem ke arah luar sehingga mendekati pedal rem
3. Lakukan pengetesan on / off sistem rem dengan menginjak dan melepas pedal rem
4. Jika lampu rem bisa hidup dan mati, kencangkan baut switch rem kembali
(Source : AstraWorld)