Cerdas Memburu Mobil Bekas Berkualitas

Cerdas Memburu Mobil Bekas Berkualitas

Selain memeriksa kondisi fisik mobil seperti mesin, kopling, rem, suspensi, eksterior, interior, kilometer mobil, dan tahun pembuatan, ada dua pemeriksaan yang juga tidak boleh dilupakan saat memburu mobil bekas. Yaitu memeriksa dokumen dan riwayat mobil.

Pastikan mobil bekas yang Anda buru dilengkapi dengan dokumen-dokumen asli, bukan hasil pemalsuan. Sebab, keabsahan dokumen nilainya setara dengan harga mobil bekas itu sendiri.

Teliti faktur kendaraan, STNK (Surat Tanda Nomor Kendaraan) dan BPKB (Bukti Pemilikan Kendaraan Bermotor). Di dokumen-dokumen ini terdapat keterangan seperti: nomer rangka, nomer mesin, tipe, warna dsb. Keterangan-keterangan mobil di dokumen tersebut harus sama dengan kondisi yang ada pada mobil. Itu sebabnya saat melihat-lihat dokumen ini Anda harus mencocokkan langsung dengan mobilnya.

Untuk lebih memastikan lagi, bawa data-data di dokumen tersebut ke kantor Samsat. Cocokkan lagi, apakah data-data yang tertera pada dokumen-dokumen tersebut benar dan merujuk pada mobil yang sama.

Selain dokumen, riwayat atau sejarah kendaraan juga sangat penting untuk kita periksa. Periksa dengan teliti apakah kendaraan tersebut bekas angkutan umum, pernah diubah warna, atau bahkan pernah menjadi korban banjir. Akan sangat baik juga jika kendaraan tersebut masih dilengkapi dengan Buku Servis-nya.

Riwayat atau sejarah mobil juga dapat menunjukkan seberapa terawatnya mobil bekas tersebut. Semakin terawat, tentu harga mobil bekas akan semakin bersaing. Itu sebabnya, catatan mengenai riwayat perawatan mobil seharusnya disimpan oleh para pemilik mobil.

Bagi anggota AstraWorld yang melakukan perawatan di bengkel jaringan Astra International, masalah menyimpan dan melihat riwayat perawatan kini semakin dipermudah*. Sejak Juni lalu, CLICK AstraWorld, www.astraworld.com telah dilengkapi dengan fitur Service History On Web. Setelah log in di My AstraWorld, anggota AstraWorld dapat membaca secara online kapan, jenis perbaikan, penggunaan suku cadang dan siapa nama service advisor yang menangani pelanggan saat perawatan mobil di bengkel.

Untuk memudahkan jual beli mobil bekas, CLICK AstraWorld pun kini dilengkapi dengan fitur Used Car Corner yang dapat digunakan baik oleh pembeli maupun penjual mobil bekas. Dengan meng-click link Lihat Lihat Selengkapnya, Anda dapat melihat tipe, harga, lokasi, dan informasi penting lainnya. Fitur ini juga dapat digunakan jika Anda ingin menawarkan mobil bekas Anda. Cukup dengan meng-click link Pasang Iklan.

Semua layanan ini GRATIS. (Source : AstraWorld)