Oli Memercik Tanda Pelumasan Oke

Coba hidupkan mesin mobil Anda. Lalu buka tutup pengisian oli. Seharusnya ketika tutup tersebut terbuka Anda akan melihat genangan oli yang beriak, bahkan memercik. Ini salah satu pertanda bagus. Anda justru harus mulai curiga bila tidak ada percikan dan ruang cover valve kering. Kemungkinan buruk adalah: ada masalah pada sistem pelumasan!

Secara teknis, ketika sistem pelumasan bekerja maka pompa oli akan mendorong dan menekan oli supaya bisa masuk ke bagian-bagian mesin yang perlu dilumasi. Itulah yang menyebabkan oli di ruang cover valve memercik. Selain karena pompa, percikan itu juga menjadi pertanda bahwa oli dapat tersalurkan dengan baik. Artinya, saluran oli tidak tersumbat.

Dengan kata lain, dari pemeriksaan sederhana seperti di atas, ada beberapa hal yang bisa kita deteksi sebagai penyebab masalah pada sistem pelumasan:

Pompa oli lemah. Apabila pompa oli sudah tidak mampu menghasilkan tekanan dengan baik akan mengakibatkan keausan pada komponen-komponen mesin. Seperti, metal, piston, ring piston, block silinder, mekanisme katup dsb.
Filter oli mampet. Filter oli yang mampet menyebabkan aliran oli ke komponen-komponen di atas terhambat.
Saluran-saluran oli tersumbat. Ini terjadi apabila sering membiarkan oli yang kualitasnya sudah tidak bagus.
Karena itu, apabila Anda menemukan oli yang tidak beriak, coba periksa komponen-komponen di atas. Kemungkinan terjadi kerusakan. Bersihkan saluran oli dengan menggunakan cairan flushing sebelum mengganti oli mesin.

Bisa saja perlu penggantian-penggantian terhadap beberapa komponen. Misalnya, penggantian filter oli. Kemudian, periksa dan perbaiki bila ternyata ada kebocoran oli. Dan lakukan overhaul pada pompa oli. Bila perlu ganti dengan yang baru.(Source : AstraWorld)