Sesuaikan Beban listrik dengan Kapasitas Aki

Hal ini patut menjadi perhatian pengendara yang gemar memodifikasi kendaraan. Jangan sampai, tambahan fitur atau aksesori baru membuat aktivitas berkendara justru menjadi kegiatan yang tidak aman dan tidak nyaman. Biasanya, ketidaksesuaian antara beban dan kapasitas aki (baterai) banyak terjadi pada kendaraan yang ditambahi aksesori penyedot energi listrik.

Beberapa contoh diantaranya adalah memperbesar watt lampu depan, memasang sirine, atau melengkapi mobil dengan alarm otomatis. Yang paling mencolok adalah modifikasi audio-video. Banyak modifikator yang mencangkok mobilnya dengan speaker berdaya besar, sehingga kebutuhan arus listriknya pun tidak kecil.

Apa konsekuensinya pada aki? Jelas sekali. Tambahan aksesori itu sudah tentu mengakibatkan arus yang harus di-supply dari aki juga bertambah. Harus dilakukan penyesuaian pada aki standar pabrikan. Jika aki masih mampu men-supply seluruh tambahan itu, ya memang oke-oke saja. Masalahnya adalah ketika total beban arus listrik yang harus ditanggung jauh lebih besar dari kapasitas aki.

Efek ketidaksesuaian antara beban listrik dan kemampuan aki sangat jelas.
Jika beban yang harus dipikul jauh lebih besar daripada kapasitas, aki akan
cepat panas. Air aki pun jauh lebih cepat berkurang. Lama kelamaan, aki tidak dapat bekerja dengan normal. Salah satu contoh ketidaknormalan adalah merosotnya kemampuan aki dalam menyimpan arus listrik. Teknisi sering menyebutnya dengan istilah "aki soak" (zwak).

Gejala paling sering muncul pada aki yang tidak mampu menyimpan arus listrik dengan baik adalah mesin yang tidak kuat di-starter. Pada saat putar kunci kontak ke posisi "START", mesin tidak kuat berputar/ berat berputar, sehingga mesin tidak bisa menyala. Rasanya seperti tidak ada setrum. Gejala ini terjadi karena memang pada saat start kebutuhan akan arus listrik sangat besar, yang seharusnya tersedia bila aki bekerja dengan baik.

Karena itu, jika Anda melengkapi mobil dengan fitur yang butuh arus listrik, penting sekali menghitung dengan cermat apakah tambahan itu masih sesuai dengan kapasitas aki. Tanyakan masalah ini kepada teknisi yang memasang fitur-fitur tersebut di mobil Anda.(Source : AstraWorld)