Cara Darurat Saat Kabel Kopling Sekarat

Masih banyak pengendara yang bingung ketika kabel kopling tiba-tiba putus di tengah jalan. Dalam situasi seperti itu memang sangat merepotkan pengendara. Bukan apa-apa. Peran kabel kopling sangat penting dalam menghubungkan maupun melepas putaran mesin dan persneling. Ketika kabel kopling putus otomatis sistem penggerak tidak dapat berfungsi normal. Perpindahan gigi pun terhambat.

Karena selalu dalam posisi tertarik dari dua ujung yang berlawanan (pedal kopling dan garpu pembebas) kabel kopling memang sangat mungkin putus. Apalagi bila usia komponen ini sudah relatif tua. Kabel kopling dapat juga putus bila kurang pelumasan.

Itu sebabnya dalam banyak tips biasanya pengendara disarankan (apalagi bagi Anda yang akan menempuh perjalanan mudik) untuk melengkapi kendaraan dengan kabel kopling cadangan. Jika sewaktu-waktu putus di tengah jalan, dapat segera dilakukan penggantian.

Tapi seandainyapun terlupa dan terjadi kasus yang kurang menguntungkan seperti ini kita tidak perlu panik. Berikut ini cara darurat yang dapat kita lakukan saat kabel kopling sekarat:

Matikan mesin sehingga penggerak tidak berputar.
Masukkan perseneling ke gigi percepatan 2, kemudian hidupkan mesin. (Jika gigi 1, kecepatannya akan tidak stabil atau 'ajrut-ajrutan')
Jalankan kendaraan selama perjalanan dengan gigi perseneling 2 tersebut.
Jalankan kendaraan pada jalur lambat dan hindari jalur dengan kendaraan sering berhenti atau macet.
Jagalah jarak aman sekitar 40-100 meter dari kendaraan di depan anda.
Tapi ingat, cara ini hanya untuk kondisi darurat. Hanya bisa menjadi alternatif bila jalanan relatif lengang. Segera ganti bila telah menemukan bengkel atau tempat yang memungkinkan penggantian kabel kopling. (Source : AstraWorld)